Rabu, 28 Maret 2012

tips n trik Kampas Rem Motor Habis Enggak Rata

TIPS N TRIK : Mau Gaya, Kampas Rem Motor Habis Enggak Rata
BERITA - otomotif.infogue.com - - Barangkali ada pemilik sepeda motor - depannya pakai rem cakram - mengalami seperti ini. Kampas rem habis tidak merata dan hanya sebagian yang termakan. "Terutama sisi terdepan yang menempel cakram, sedang bagian belakang tidak," keluh Wahyu terhadap Yamaha Nouvo miliknya.

Kondisi seperti itu bisa terjadi, jika sudah mengadopsi cakram variasi. maksudnya, cakram yang memiliki diameter lebih besar dari standarnya. Dengan dilakukan penggantian - seperti di motor Wahyu dengnan cakram 300-320 mm- kaliper membutuhkan dudukan atau adaptor baru agar bisa bekerja sempurna. Dan adaptor baru harus memiliki jarak yang sesuai kebutuhan.

Kampas bisa tergerus separuh biasanya karena penggantiannya tidak sepaket. Maksudnya, ketika mengganti cakram yang lebar tidak dilengkapi dengan adaptor. Ityu yang berpotensi bikin habis kampas. Lain hal bila sepaket, artinya dudukan breket atau adaptor kaliper sudah didesain sesuai tipe motor tertentu. Misalnya Yamaha Mio atau Honda Vario. 


Penyebab lain, juga bisa disebabkan tukar-tukar adaptor."Misalnya adaptor untuk cakram 320 mm dipakai di cakram 300 mm. Akibat terlalu mundur, ini yang bikin kampas habis enggak rata," sebut Nuraimin, mekanik JP Racing Bintaro di Tangerang.

Semakin besar cakram membuat posisi adaptor semakin mundur. L n terlalu mundur, hanya bagian terdepan kampas saja yang menekan. Kondisi seperti berpotensi membahayakan pengendara. Karena, tekanan kampas hanya 50 persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar